Setelah mengikuti
mata kuliah belajar dan pembelajaran yang membahas teori belajar kecerdasan
ganda dan penerapannya dalam pembelajaran, saya mendapatkan tambahan ilmu bahwa
setiap individu memiliki kecerdasan yang bermacam-macam. Setiap individu tidak
hanya memiliki kecerdasan akademik tetapi juga ada yang memiliki kecerdasan non
akademik. Sekarang ini banyak orang mengira bahwa anak yang cerdas adalah anak
yang mmiliki prestasi akademiknya bagus.
Salah satu
karakteristik penting dari individu yang
perlu difahami oleh guru sebagai pendidik adalah bakat dan kecerdasan individu.
Guru yang tidak memahami kecerdasan anak didik akan memiliki kesulitan dalam
memfasilitasi proses pengembangan potensi individu menjadi yang dicita-citakan.
Setiap siswa memang
memiliki potensi yang berbeda – beda dan memilki pilihan untuk mengembangkan
potensi yang dimilikinya, namun ada beberapa pengetahuan dan kerterampilan
dasar yang perlu dimiliki oleh siswa setelah menyelesaikan pendidikan di
sekolah yaitu kemampuan atau kompetensi dalam bidang :
Bahasa (linguistic)
Matematika (math)
Ilmu Pengetahuan
Sosial (social sciences)
Ilmu Pegetahuan
Alam (Natural Sciences)
Keempat bidang ini dapat dipandang
sebagai kompetensi dasar yang harus dimiliki oleh individu siswa setelah lulus
dari sekolah.
Macam-macam kecerdasan
1. Kecerdasan musical : kemampuan
untuk mengapresiasi musik, meliputi menyanyi, bersiul, bermain alat musik,
mengenal pola nada, membuat komposisi musik, mengingat melodi, memahami irama
musik.
2. Kecerdasan Kinesthetic : berkaitan
dengan pengendalian gerakan badan,
3. Kecerdasan
logical/mathematical : ditandai dengan kemampuan seseorang untuk
berinteraksi dengan angka-angka dan bilangan, berpikir logis dan ilmiah,
4. Kecerdasan visual/spatial : kemampuan
seseorang untuk melihat secara rinci gambraan visual yang disekitarnya.
5. Kecerdasan verbal/linguistik : kemampuan
menyusun pikirannya dengan jelas dan mampu mengungkapkannya dengan kata kata
6. Kecerdasan interpersonal : kemampuan
seseorang untuk berinteraksi dengan orang lain.
7. Kecerdasan intrapersonal : Kecerdasan
intrapersonal diperlihatkan dalam bentuk kemampuan dalam membangun persepsi
yang akurat tentang diri sendiri dan menggunakan kemampuan tersebut dalam
membuat rencana dan mengarahkan orang lain.
8. Kecerdasan naturalistik : Keahlian
mengenali dan mengkategorikan spesies-flora dan fauna di lingkungannya.
Seorang
calon guru dan orang tua seperti saya wajib memahami macam-macam kecerdasan
untuk mengembangkan potensi anak maupun peserta didik. Selain itu kita dapat
dengan mudah memahami setiap karakter siswa di kelas
0 komentar:
Posting Komentar