Setelah mengikuti mata kuliah belajar dan
pembelajaran yang membahas materi pembelajaran inquiry pada sains saya
memperoleh pembekalan lagi untuk menjadi guru yang pandai dalam mengolah kelas
dan sukses dalam menyampaikan ilmu ke peserta didik.
Model pembelajaran inquiry adalah model pembelajaran yang mendorong siswa pada untuk
melakukan eksperimen sendiri sehingga dapat berpikir secara kritis untuk mencari
dan menemukan jawaban dari suatu masalah yang dipertanyakan. Sasaran utama
kegiatan pembelajaran inkuiri adalah keterlibatan siswa secara maksimal dalam
proses kegiatan belajar, keterarahan kegiatan secara maksimal dalam proses
kegiatan belajar, mengembangkan sikap percaya pada diri siswa tentang apa yang
ditemukan dalam proses inkuiri. Namun dalam penerapannya, pembelajaran inkuiri
ini memiliki kelemahan seperti adanya kesulitan dalam mengontrol siswa,
ketidaksesuaian kebiasaan siswa dalam belajar, kadang memerlukan waktu yang
panjang dalam pengimplementasiannya, dan sulitnya dalam implementasi yang
dilakukan oleh guru bila keberhasilan belajar bergantung pada siswa.
Teori-teori yang melandasi model pembelajaran
inquiri yaitu teori belajar kontruktivisme, teori belajar Ausubel, teori
belajar penemuan oleh Gagne. Langkah-langkah pembelajaran inkuiri adalah
sebagai berikut orientasi, merumuskan masalah, merumuskan
hipotesis,mengumpulkan data, menguji hipotesis, merumuskan kesimpulan.
0 komentar:
Posting Komentar