Pada pertemuan hari itu dimana
membahas mengenai teori belajar revolusi sosio kultural dan penerapannya dalam pembelajaran, saya mendapatkan beberapa ilmu
penting untuk bekal masa depan ketika menjadi seorang pendidik. Mendidik juga
berarti membantu anak untuk menjadi dirinya dan peka terhadap lingkungannya.
Harus berusaha diciptakan lingkungan belajar yang demokratis, sehingga setiap
anak satu persatu perlu diberi kebebasan untuk melakukan pilihan-pilihan sesuai
dengan apa yang mampu dan mau dia lakukan
Teori mengenai belajar revolusi
sosio telah didasari oleh dua tokoh yaitu Piaget dan Vygotsky. Piaget
berpendapat bahwa belajar ditentukan karena adanya karsa individu artinya pengetahuan berasal dari individu. Siswa
berinteraksi dengan lingkungan sosial yaitu teman sebayanya dibanding
orang-orang yang lebih dewasa. Sedangkan menurut vigotsky Vygotsky
Peningkatan
fungsi-fungsi mental bukan berasal dari individu itu sendiri melainkan berasal
dari kehidupan sosial atau kelompoknya.
Dari pertemuan tersebut saya awalnya
berpikir mengenai home schooling termasuk
pendidikan formal atau bukan, ternyata pendidikan formal. Hal tersebut karena
pada home schooling telah berjalan sesuai atau terikat dengan kurikulum bedanya
pertemuannya antara pendidik atau peserta ddik dapat meminta upah sama sekali.
0 komentar:
Posting Komentar