Setelah mengikuti mata kuliah
belajar dan pembelajaran pada Hari Rabu, 1 Maret 2017 saya mendapatkan tambahan
ilmu-ilmu yang belum saya dapatkan sebelumnya. Ilmu tersebut akan saya paparkan
sebagai berikut.
- Hakekat manajemen pembelajaran berdasarkan teori belajar sibernetik adalah usaha guru untuk membantu siswa mencapai tujuan belajarnya secara efektif dengan cara memfungsikan unsur-unsur kognisi siswa, terutama unsur pikiran untuk memahami stimulus dari luar melalui proses pengolahan informasi
- Teori ini mempunyai kesamaan dengan teori kognitif yaitu mementingkan proses belajar dari pada hasil belajar
- Teori pemrosesan informasi umumnya berpijak pada tiga asumsi, yaitu:
a. Bahwa
antara stimulus dan respon berpijak pada tiga asumsi, yaitu: Pemrosesan
informasi dimana pada masing-masing tahapan dibutuhkan sejumlah waktu tertentu.
b.
Stimulus yang diproses melalui tahap-tahapan tadi
akan mengalami perubahan bentuk ataupun isinya.
c.
Salah satu dari tahapan mempunyai kapasitas yang
terbatas.
- · Proses pengelolaan informasi dalam ingatan dimulai dari proses penyandian informasi (encoding), diikuti dengan penyimpanan informasi (stroge), dan diakhiri dengan mengungkapkan kembali informasi-informasi yang telah disimpan dalam ingatan (retrival).
- · Kondisi internal peserta didik yang mempengaruhi proses belajar melalui proses pengolahan informasi, dan yang sangat penting untuk diperhatikan oleh seorang guru dalam mengelola pembelajaran antara lain: Kemampuan awal peserta didik, motivasi, lupa, retensi, dan transfer.
Proses belajar memang penting dalam
teori sibernetik, namun yang lebih utama lagi adalah sistem informasi yang akan
dipelajari siswa. tidak ada satu proses belajarpun yang ideal untuk segala
situasi, dan yang cocok untuk semua siswa. Sebab cara belajar sangat ditentukan
oleh sistem informasi. Sebuah informasi mungkin akan dipelajari oleh seorang
siswa dengan satu macam proses belajar, dan informasi yang sama mungkin akan
dipelajari siswa lain melalui proses belajar yang berbeda
0 komentar:
Posting Komentar