Rabu, 19 April 2017

SIKLUS BELAJAR

Related image
Siklus Belajar (Learning Cycle) merupakan suatu model pembelajaran yang berpusat pada peserta didik, dengan mengikuti rangkaian siklus belajar dimana tahap-tahap kegiatan (fase) yang diorganisasi sedemikian rupa sehingga pebelajar dapat menguasai kompetensi-kompetensi yang harus dicapai dalam pembelajaran dengan jalan berperanan aktif. Fase-fase dalam siklus belajar adalah fase-fase eksplorasi (exploration), pengenalan konsep (concept introduction), dan aplikasi konsep (concept application) (Suntoso, 2005).
Fase  I. Exploration (penyelidikan)
Selama fase eksplorasi, siswa harus diberi kesempatan untuk bekerja sama dengan teman-temannya tanpa arahan langsung dari guru. Fase ini siswa harus dibuat bingung, dimana untuk kesempatan bagi siswa untuk menguji hipotesis atau prediksi mereka, mendiskusikan dengan teman sekelompoknya dan menetapkan keputusan. Di fase exploration ini anak juga dituntut dalam mengeluarkan kembali pengetahuan sebelumnya.
Fase  II. Explanation (penjelasan)
Pada fase ini para siswa ditunjukkan untuk mengembangkan mental, mereka harus dapat menjelaskan kembali dengan kalimatnya sendiri. Tujuan dari fase ini guru membantu para siswa memperkenalkan konsep sederhana dan jelas.
Fase  III.Expansion (Perluasan)
Pada fase ini para siswa  mengembangkan konsep-konsep yang baru dan gagasan dipelajari untuk diterapkan pada contoh-contoh lain. Siswa melakukan pemantapan dengan mengkonsolidasikan konsep baru dengan konsep lama, siswa merefleksi konflik kognitif yang dialami pada kegiatan eksplorasi dengan kesimpulan yang ditemukan pada kegiatan eksplanasi. Pada pendekatan kontekstual, konsolidasi konsep ini disebut refleksi. Lebih dari itu, siswa masih perlu dibimbing untuk menemukan aplikasi dari konsep yang baru ditemukan.
Fase  IV. Evaluation (Evaluasi)
Evaluasi dilakukan selama pembelajaran dilangsungkan. Guru bertugas untuk mengobservasi pengetahuan dan kecakapan siswa dalam mengaplikasikan konsep dan perubahan berfikir siswa. Pada fase ini ingin mengetahui penjelasan para siswa terhadap siklus pembelajaran ini. Evaluasi dapat berlangsung setiap fase pembelajaran, untuk menggiring pemahaman konsep juga perkembangan keterampilan proses.
Kelebihan dan Kekurangan Model Siklus Belajar (Subayo, 2000)
A.       Kelebihan
1)        Meningkatkan motivasi belajar karena siswa dapat berperan aktif
2)        proses pembelajaran memiliki tahapan logis
3)        pembelajaran berdasarkan aktivitas siswa yaitu kerja praktek dan akomodasi mental,
4)        mengintegrasikan pengalaman, kebutuhan dan kesukaan siswa ke dalam kegiatan belajar mengajar mengakomodasi kegiatan belajar mengajar yang bervariasi
5)        mengarahkan siswa untuk menggali  informasi dari lingkungan,
6)        menemukan masalah dan menemukan sendiri jawaban
7)        mengarahkan siswa untuk mengembangkan konsep keilmuan yang diperoleh ke penerapan untuk menangani isu-isu lingkungan, teknologi dan masyarakat
B. Kekurangan
1.      efektifitas pembelajaran rendah jika guru kurang menguasai materi dan langkah-langkah
pembelajaran
2.      menuntut kesungguhan dan kreativitas guru dalam merancang dan melaksanakan proses pembelajaran
3.      memerlukan pengelolaan kelas yang lebih terencana dan terorganisasi
4.      memerlukan waktu dan tenaga yang lebih banyak dalam menyusun rencana dan melaksanakan pembelajaran.



2 komentar:

  1. Dalam postinga siklus belajar pada fase penyelidikan anda mengatakan siswa harus dibuat bingung. Saya kurang setuju dengan kata-kata tersebut, seharusnya kata-kata tersebut diganti dengan merangsang siswa untuk berpikir Secara kritis

    BalasHapus
    Balasan
    1. ooo iyaa, terima kasih atas komentar dan masukannya. maksud saya juga begitu bahwa pemikiran siswa dibuat bingung untuk melatih siswa berpikir kritis dalam menemui suatu hal.

      Hapus