Rabu, 19 April 2017

Problem Based Learning Dan Problem Solving

Image result for Problem Based Learning Dan Problem Solving
PROBLEM BASED LEARNING
            Problem Based Learning (PBL) adalah metode pendidikan yang medorong siswa untuk mengenal cara belajar dan bekerjasama dalam kelompok untuk mencari penyelesaian masalah-masalah di dunia nyata. PBL ini mengaktifkan keingintahuan siswa terhadap apa yang sudah diberikan oleh guru. PBL ini bertujuan melatih keterampilan penalaran ilmiah murid sehingga murid dapat berpikir kritis, berpikir tingkat tinggi
            Karakteristiknya PBL adalah sebagai berikut.
1.    Menghindari pembelajaran terisolasi dan berpusat pada guru
2.    Menciptakan pembelajaran interdisiplin, berpusat pada siswa dalam jangka waktu lama
3.    Terintegrasi dengan dunia nyata dan pengalaman praktis
4.     Mengajarkan kepada siswa untuk mampu menerapkan apa yang mereka pelajari di sekolah dalam kehidupannya yang panjang
5.    Pembelajaran berpusat pada siswa dan terjadi pada kelompok kecil
6.    Guru berperan sebagai tutor dan pembimbing.
7.    Masalah diformulasikan untuk memfokuskan dan merangsang pembelajaran
8.    Masalah adalah kenderaan untuk pengembangan keterampilan pemecahan masalah.
9.    Informasi baru diperoleh lewat belajar mandiri.
Langkah-langkah Pembelajaran PBL
a. Jelajahi isu-isu:
b. Daftar "Apa yang kita ketahui?"
c. Mengembangkan, dan tuliskan, pernyataan masalah dengan kata-kata Anda sendiri:
d. Daftar keluar solusi yang mungkin
f.Daftar "Apa yang kita perlu tahu?"
g.Menulis solusi Anda dengan dokumen pendukung, dan mengirimkannya.
h.Review kinerja Anda
i.Rayakan pekerjaan Anda!
Keunggulan dan Kelemahan PBL
Kelebihan
1.  Dengan metode PBL , seorang pendidik dapat memungkinkan siswa percaya diri untuk sukses dan juga mengajarkan inti kurikulum dengan cara interdisiplin.
2.PBL juga akan meningkatkan pendidikan untuk semua siswa, mengubah pola mengajar dari 'memberitahu' hingga ke 'melakukan', menyediakan kesempatan bagi siswa untuk belajar sesuai dengan minat lalu membuat keputusan sendiri,, serta memberi kesempatan bagi siswa untuk berdiskusi tentang bagaimana mereka akan menemukan jawaban pertanyaan atau memecahkan masalah.
3.   Dengan PBL dapat menciptakan siswa menjadi aktif
4.    Menggali kreatifitas siswa dalam memecahkan masalah.
Kelemahan
1. Kurang efisien waktu.
2.   Banyak penyalahgunaan waktu yang diberikan.

B. PROBLEM SOLVING
            Problem solving adalah suatu proses mental dan intelektual dalam menemukan masalah dan memecahkan berdasarkan data dan informasi yang akurat, sehingga dapat diambil kesimpulan yang tepat dan cermat (Hamalik, 1994). Apabila pemecahan masalah yang diharapkan tidak berjalan seperti yang diinginkan berarti telah terjadi masalah dalam tahap-tahap awal sehingga setiap siswa harus mulai kembali berfikir dari awal yang bermasalah untuk mendapatkan pemahaman menyeluruh mengenai masalah yang sedang dihadapi.
            Tujuan Pembelajaran Problem Solving yang dinyatakan oleh Hudojo (2003), yaitu sebagai berikut.
(1) Siswa menjadi terampil menyeleksi informasi yang relevan kemudian menganalisisnya dan akhirnya meneliti kembali hasilnya.
(2) Kepuasan intelektual akan timbul dari dalam sebagai hadiah intrinsik bagi siswa.
(3) Potensi intelektual siswa meningkat.
(4) Siswa belajar bagaimana melakukan penemuan dengan melalui proses melakukan penemuan.
Langkah-Langkah Problem Solving
a. Mengidentifikasi masalah secara tepat
b. Menentukan sumber dan akar penybab dari masalah
c. Solusi masalah secara efektif dan efisien.
1. Mendefinisikan secara tertulis
2. Membangun diagram sebab akibat yang dimodifikasi untuk mendefinisikan : a) akar penyebab dari masalah itu, b) penyebab-penyebab yang tidak dapat dikendalikan, namun dapat diperkirakan
3. Setiap akar penyebab dari masalah dimasuskkan ke dalam diagram sebab akibat . sedangkan penyebab yang tidak dapat diperkirakan, didaftarkan pada sebab akibat itu secara tersendiri
4. Mendefiisikan tindakan atau solusi yang efektif melalui memperhatikan dan mempertimbangkan : a)pencegahan terulang atau muncul kembali penyebab –penyebab itu, b) tindakan yang diambil harus ada di bawah pengendalian kita, dan c) memenuhi tujuan dan target kinerja yang ditetapkan.
5. Menerapkan atau melakukan implementasi atau tindakan-tindakan yang diajukan (Vincent Gasper sz, dan Qruztyann.blogs.friendster. com)

Adapun langkah-langkah lain yaitu menurut konsep Dewey yang merupakan berpikir itu menjadi dasar untukproblem solving adalah sebagai berikut:
1. Adanya kesulitan yang dirasakan atau kesadaran akan adanya masalah.
2. Masalah itu diperjelas dan dibatasi.
3. Mencari informasi atau data dan kemudian data itu diorganisasikan atau diklasifikasikan.
4. Mencari hubungan-hubungan untuk merumuskan hipotesa-hipotesa kemudian hipotesa-hipotesa dinilai, diuji agar dapat ditentukan untuk diterima atau ditolak.
5. Penerapan pemecahan terhadap masalah yang dihadapi sekaligus berlaku sebagai pengujian kebenaran pemecahan tersebut untuk dapat sampai kepada kesimpulan.
Kelebihan dan Kekurangan
Kelebihan
1. dapat membuat peserta didik menjadi lebih menghayati kehidupan sehari-hari
2. dapat melatih dan membiasakan para peserta didik untuk menghadapi dan memecahkan masalah secara terampil
3. dapat mengembangkan kemampuan berpikir peserta didik secara kreatif,
4. peserta didik sudah mulai dilatih untuk memecahkan masalahnya.
5.Metode problem solving ini menekankan pada penemuan dan pemecahan masalah secara berkelanjutan.
6. Mendorong siswa untuk berpikir secara ilmiah, praktis, intuitif dan bekerja atas dasar inisiatif sendiri, menumbuhkan sikap objektif, jujur dan terbuka.

b. Kekurangan metode problem solving
(1) memerlukan cukup banyak waktu,
(2) melibatkan lebih banyak orang
(3) dapat mengubah kebiasaan peserta didik belajar dengan mendengarkan dan menerima informasi dari guru,
(4) dapat diterapkan secara langsung yaitu untuk memecahkan masalah
Persamaan Dan Perbedaan Problem Based Learning Dan Problem Solving
            Persamaan antara problem solving dan PBL adalah sama-sama pembelajaran berbasis masalah atau pemecahan masalah Langkah pembelajaran problem solving dan PBL, sama yaitu pada langkah awal pemberian masalah dari guru.

            Perbedaan antara keduanya terletak pada masalah yang dipecahkan atau diselesaikan. Pada problem solving masalah yang diberikan biasanya bukan masalah yang nyata seperti masalah pada problem based learning. Dan cara penyelesaiannyapun juga terdapat perbedaan. Pada problem solving, masalah dapat diselesaikan hanya dengan diskusi saja akan tetapi pada PBL dibutuhkan penelitian mengenai masalah tersebut, sehingga penyelesaian yang diberikanbenar-benar telah banyak melalui proses yang panjang. 

0 komentar:

Posting Komentar