Minggu, 29 Januari 2017

REFLEKSI DIRI MATA KULIAH BELAJAR DAN PEMBELAJARAN PERTEMUAN KE-3 SENIN, 30 JANUARI 2017

REFLEKSI DIRI MATA KULIAH BELAJAR DAN PEMBELAJARAN PERTEMUAN KE-3 SENIN, 30 JANUARI 2017

Hari ini saya mempelajari dan membahasa bersama mengenai topik Perkembangan dan Perubahan Kurikulum. Dari pertemuan ke-3 ini saya mengerti dan paham apa maksud dari kurikulum itu sendiri, yang awalnya saya hanya mengerti mengenai pengertiannya saja. Karena menurut saya pengertian dan maksud itu berbeda. Saya menjadi paham bahwa kurikulum di suatu pendidikan itu sangatlah penting, karena kurikulum termasuk unsur berjalannya mengajar dan pembelajaran. Di dalam kurikulum juga dimasukan tentang tujuan Indonesia yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa. Dari penjelasan hari ini yang saya dapat cerdas yang dimaksud dalam tujuan Indonesia adalah memiliki intelektual tinggi, peka terhadap lingkungan, memiliki moral yang berkualitas tinggi, dan menururt saya cerdas dalam memeilih mana hal yang baik dan mana hal yang buruk. Hal tersebut memotivasi saya kelak nantinya saya akan menjadi seorang guru yang tidak hanya sebagai transfer ilmu atau pengatuan, namun harus menjadi pengajar yang dapat mewujudkan tujuan Indonesia tersebut. Selain itu saya juga merasa bahwa nantinya saya harus mengajarkan kepada anak didik saya untuk menjadi seseorang yang produktif bukanlah seseorang yang konsumtif saja. Dari pertanyaan Dhanial Fahira Yasmin yang mengyatakan bahwa di masa SD, SMP, dan SMA tidak diberi pengetahuan mengenai kurikulum yang berlaku, saya juga setuju dengan pernyataan Dhanial. Akan tetapi menurut saya di awal perkenalan pembelajaran suatu mata pelajaran, selalu diberikan pengenalan mengenai KD-KD yang akan dicapai selama pembelajaran tersebut yang menurut saya itu termasuk pengenalan kurikulum yang berlaku. Dari pertanyaan Dhanial saya menjadi tahu dari penjelasan Bapak Hadi bahwa pola berpikir anak SD, SMP, SMA berbeda yang otomatis cara penyampaian sesuatu hal juga berbeda. Siswa SD dan SMP menerima operasional concret bukan konsep abstrak, berbeda dengan siswa SMA yang dapat menerima konsep abstrak.

Dari perkuliahan hari saya juga mengerti mengenai makna dari The Learning University, yang sebelumnya saya belum mengerti maksudnya. Maksud The Learning University adlah mengedepankan inspirasi, mengembangkan kepedulian dan capabilitas bersama, membelajarkan satu sama lain, menjadi rujukan baik individu maupun organisasi, juga mengembangkan nilai-nilai ketaqwaan dan keimanan. 

0 komentar:

Posting Komentar