Pertemuan matakuliah Belajar dan Pembelajaran hari Senin, 27 Februari 2017 telah mempelajari mengenai teori humanisme dan penerapannya dalam pembelajaran. Ilmu yang saya peroleh adalah sebagai berikut.
· Humanisme,
lebih melihat kepribadian dari seseorang terutama peserta didik.
· Membangun
hal-hal yang positif
· Teori
belajar humanistik, dapat dimanfatkan dengan tujuan memanussiakan manusia,
maksudnya peserta didik mampu mengedepankan potensi dirinya. Teori ini juga
menekankan perlunya sikap saling menghargai dan tanpa prasangka (antara klien
dan terapist) dalam membantu individu mengatasi masalah-masalah kehidupannya
· Tertuju
pada suatu bentuk tiap individu yang dihubungkan dengan pengalaman
· Indikator
keberhasilan, adanya perasaan puas dengan adanya perubahan baik dari dirinya
sendiri.
· Peran guru dalam pembelajaran humanistik adalah menjadi fasilitator bagi
para peserta didik sedangkan guru memberikan motivasi, kesadaran mengenai makna
belajar dalam kehidupan peserta didik.
· Peserta didik berperan sebagai pelaku utama (stundent center)yang
memaknai proses pengalaman belajarnya sendiri. Diharapkan peserta didik
memahami potensi diri, mengembangkan potensi dirinya secara positif dan
meminimalkan potensi diri yang bersifat negatif. B
Berikut ini adalah berbagai cara untuk memberi kemudahan belajar dan
berbagai kualitas fasilitator, yaitu:
1. Fasilitator sebaiknya memberi
perhatian kepada penciptaan suasana awal, situasi kelompok, atau pengalaman
kelas
2. Fasilitator membantu untuk memperoleh
dan memperjelas tujuan-tujuan perorangan di dalam kelas dan juga tujuan-tujuan
kelompok yang bersifat umum.
3. Dia mempercayai adanya keinginan dari
masing-masing peserta didik untuk melaksanakan tujuan-tujuan yang bermakna bagi
dirinya, sebagai kekuatan pendorong, yang tersembunyi di dalam belajar yang
bermakna tadi.
4. Dia mencoba mengatur dan menyediakan
sumber-sumber untuk belajar yang paling luas dan mudah dimanfaatkan para
peserta didik untuk membantu mencapai tujuan mereka.
5. Dia menempatkan dirinya sendiri sebagai
suatu sumber yang fleksibel untuk dapat dimanfaatkan oleh kelompok.
6. Bilamana cuaca penerima kelas telah
mantap, fasilitator berangsur-sngsur dapat berperanan sebagai seorang peserta
didik yang turut berpartisipasi, seorang anggota kelompok, dan turut menyatakan
pendangannya sebagai seorang individu, seperti peserta didik yang lain.
7. Di dalam berperan sebagai seorang
fasilitator, pimpinan harus mencoba untukmenganali dan menerima
keterbatasan-keterbatasannya sendiri.
Dari pertemuan hari ini saya dapat belajar dan
memahami seorang guru dalam memberikan ilmu, mengembangkan pola pikir peserta
didik dan lain-lain. saya juga mendapatkan ilmu, ketika menjadi guru harus
mampu membangun hal-hal yang positif .
0 komentar:
Posting Komentar