Pada Hari Senin, 13 Februari 2017 saya
mengikuti pembelajaran Belajar dan Pembelajaran dengan materi Teori Belajar Kognitif, dimana Teori
kognitif dan behavioristik memiliki perbedaan pastinya, yaitu jika teori
behavioristik mengedepankan mental atau aspek kejiwaan peserta didik, sedangkan
teori kognitif lebih mengedepankan ke proses dan hasilnya. Banyak tambahan ilmu
yang saya dapatkan di pertemuan hari itu, antara lain sebagai berikut.
Menurut teori kognitif terdapat 3 macam pengetahuan
yaitu, Jenis pengetahuan deklaratif, procedural, dan kondisional. Maksud dari
jenis pengetahuan kondisional adalah tentang penggunaan dan kapan menggunakannya.
Akan tetapi maksud dari jenis pengetahuan lainnya saya belum mengerti karena
keterbatasan waktu dalam bertanya maupun presentator dalam menjelaskan. Selain itu,
seorang anak atau peserta didik dalam memahami dunianya memiliki beberapa
tahapan yaitu.
1. Tahap
sensori-motor
2. Tahap
pre-operasional
3. Tahap
concrete-operasional
4. Tahap
formal-operasional
v Ahli
Gestalt menyatakan mengenai implementasi belajar sebagai berikut
a. Insight,
pengamalaman tilikan = kemampuan untuk mengetahui unsure unsure suatu peristiwa
b. Meaningful
learning = pembelajaran bermakna, mengaitkan masalah yang ada di ingkungan kita
c. purposive
behaviour = mengetahui tujuan yang kita pelajari
d. life
space = prinsip ruang hidup, adanya kemampuan yang sudah kita tahu dengan
lingkungan di sekitar kita.
e. Transfer=
mengenerilasiskan, apa yang sudah kita tahu terhadap apa yang akan kita temui
v Ahli
Ausubel menguraikan tentang pengaturan kemajuan dalam belajar. Adanaya
perkembangan intelektual juga mental. Tipe belajar menurut Ausubel sebagai
berikut.
1. Belajar
dengan penemuan yang bermakna
2. belajar
dengan ceramah yang bermakna
3. belajar
dengan penemuan yang tidak bermakna
4. Belajar
dengan ceramah yang tidak bermakna
v Ahli
jean piaget, memaparkan tentang perkembangan intelektual/ mental. Paling menonjol
di kognitif adalah perubahan mental.
1. Tahap
sensori motor, umur nol-2 th
2. pre-operational,
mulai adanya ranah kognitif dengan menggunakan symbol atau lambing, Anak umur
2-7 tahun
3. concrete-operational,
sudah dapat berpikir logis karena bias mengamati kondisi mereka, 7-11.
4. formal-operational,
sudah mulai abstark, umur 11-keatas
Prinsip teori kognitif adalah belajar aktif dengan
maksud lebih aktif dari gurunya, pemahaman dari yang diketahui, siswa memahai
dari apa yang dia ketahui beda dengan guru yang membaca baru menyampaikan
dengan yang dia ketahui. Selain prinsip, teori kognitif juga memiliki kelebihan
yaitu, Siswa diberi keleluasaan dalam belajar. Membantu siswa memahami belajara
dengan lebih mudah karena dengan cara sendiri serasa belajar menjadi
menyenanngkan, dapat menguatkan ingatan, seseorang pendidik lebih mengenali
siswa dalam perkembanagn siswa. Jika ada kelebihan juga pastinya ada
kekurangan, teori kognitif ini memiliki kekuranagn seperti menggap bahwa
kemampuan peserta didik itu sama, peserta didik tidak mengetahui dan mengerti
materi sepenuhnya.
Pesan-pesan
yang saya dapatkan yang dapat menjadi bekal kelak saya menjadi seorang guru
baik sebagi profesi juga kewajiban adalah sebagai berikut.
- guru
harus memberikan penilaian yang seimbang, proses dan hasil itu sama-sama
penting, karena hasil mencerminkan kemampuan.
- Proses
belajar juga sebagai discovering. Memorising is not learning, belajar itu
memaknai bukan menghafal.
- Membuat
peta konsep termasuk fase advance organizer yaiut memudahkan cara kita
belajar.
- Belajar
dengan penemuan itu bermakna, tetapi tidak menjadi tidak baik jika disusun
dengan tidak baik.
- Yang
bermakna bukanlah hafalannya, tetapi fase berikutnya yang dapat
diaplikasikan dalam kehidupan.
- Kondisian
perilaku, adalah pengkondisian dengan tujuan belajar, missal akan belajar
tentang struktur bunga, makan perlu dikenalkan terlebih dahulu tentang
struktur bunga.
- Perubahan
mental, tujuan belajar tidak hanya memperoleh ilmu yang baru tetapi juga
memperoleh akhlak yang baik
- Walaupun
guru memberikan kebebasan dalam cara belajar, namun pendidik seharusnya
tetepa mengontrol dan membenarkan teori-teori yang kutang tepat
0 komentar:
Posting Komentar