Minggu, 26 Februari 2017

refleksi ke-6 (Senin, 20 Februari 2017)


Nama   : Anis Suhartatik
NIM    : 150341600910
Off      : B
            Setelah saya mengikuti pertemuan mata kuliah hari Senin 20 Februari 2017 yang membahas mengenati teori Konstruktivisme dan Penerapannya dalam Pembelajaran, saya mendapatkan tambahan ilmu disamping teori belajar tyang dipelajari sebelumnya. Ilmu yang saya peroleh akan dipaparkan di bawah ini.
            Teori Kontruktivisme adalah proses membangun atau menyusun pengetahuan baru dalam stuktur kognitif siswa berdasarkan pengalaman. Pada dasarnya pendekatan teori konstruktivisme dalam belajar adalah suatu pendekatan di mana siswa harus secara individual menemukan dan menstransformasikan informasi yang kompleks, memeriksa informasi dengan aturan yang ada dan merevisinya bila perlu.
Dalam teori belajar konstruktivime ada tujuan untuk peserta didik, yaitu ddanya motivasi untuk siswa, bahwa belajar adalah tanggung jawab siswa itu sendiri; mengembangkan kemampuan siswa untuk mengajukan pertanyaan dan mencari pertanyaannya sendiri; Membantu siswa untuk mengembangkan pengertian dan pemahaman secara lengkap; dan mengembangkan kemampuan siswa untuk menjadi pemikir yang mandiri.
Prinsip-prinsip teori konstruktivisme adalah pengetahuan dibangun oleh siswa sendiri, Murid aktif mengkontruksi secara terus- menerus, Mencari dan menilai pendapat siswa, Menyesuaikan kurikulum untuk menanggapi anggapan siswa. Selain prinsip juga terdapat cirr-ciri teori belajar kontruktivismi yaitu, Memberi peluang kepada siswa dalam memeproleh pengetahuan, Menggalakkan persoalan/ide sebagai pembelajaran, Meyokong pembelajaran secara kooperatif, Menggalakkan proses inkuiri murid melalui kajian dan experiment, dan Lebih mementingkan prosesnya dari pada hasilnya.



0 komentar:

Posting Komentar