Minggu, 26 Februari 2017

Refleksi Diri ke-7 (Rabu, 22 Februari 2017)

Nama   : Anis Suhartatik
NIM    : 150341600910
Off      : B
            Perkuliahan Belajar dan Pembelajaran pada Rabu, 22 Februari 2017 merivew pemahaman tentang ktiga teori belajara (behavioristik, kognitif, dan konstruktivistik). Sebelum membahas mengenai tiga teori belajar tersebut, telah dibahas mengenai kesimpulan.  Menyimpulkan adalah mengambil hal-hal yang penting kemudian dikaitkan dengan materi yang akan dating dan di dalam kesimpulan ada implikasinya. Di dalam sebuah makalah, artikel, setelah kesimpulan pastinya terdapat saran. Saran adalah implikasi kedepannya, seperti biasanya dimana ada kesimpula pastilah ada penutup.
           Di dalam teori kognitif ada asimilasi kemudian akomodasi, dimana Asimilasi merupakan proses penyatuan (pengintegrasian) informasi baru ke struktur kognitif yang sudah ada dalam benak siswa, sedangkan akomodasi yaitu penyesuaian struktur kognitif ke dalam situasi yang baru. Proses asimilasi pada anak-anak lebih gambang, karena jika orang tua menganggap hal-hal yang ditemui langsung percaya bahwa hal tersebut sudah benar.
           Perbedaan antara pandangan Vigotsky dengan dan Jean Piaget adalah Vigotsky ngedepankan interaksi social, sedangkan Jean Piaget menggunakan kooperatif learning. Piaget, perkembangan mental sejalan dengan perkembangan fisik Pentingnya intraksi dapat menambah ilmu. Perbedaan penghargaan dengan hadiah, hadiah diberi secara Cuma-Cuma, bia berupa hal-hal yang tidak brkaitan langsung dari proses belajar. Penggargaan merupakan sesuat yan diperoleh dari proses belajar. Yang namanya penghargaan harus diekspost. Harus membuat target, di dalam target ada kontennya cara untuk mendapatkan target tersebut.
          Prinsipnya orang belajar itu membangun pemahaman. Jika belajar skema pikirannya harus tumbuh, mengetahui cara mengeceknya bukan ditanya tetapi menghasilkan prodek dari hasil belajar tersebut.

0 komentar:

Posting Komentar