Minggu, 16 April 2017

Refleksi diri teori belajar kecerdasan ganda dan penerapannya dalam pembelajaran



Setelah mengikuti mata kuliah belajar dan pembelajaran yang membahas teori belajar kecerdasan ganda dan penerapannya dalam pembelajaran, saya mendapatkan tambahan ilmu bahwa setiap individu memiliki kecerdasan yang bermacam-macam. Setiap individu tidak hanya memiliki kecerdasan akademik tetapi juga ada yang memiliki kecerdasan non akademik. Sekarang ini banyak orang mengira bahwa anak yang cerdas adalah anak yang mmiliki prestasi akademiknya bagus.
Salah satu karakteristik  penting dari individu yang perlu difahami oleh guru sebagai pendidik adalah bakat dan kecerdasan individu. Guru yang tidak memahami kecerdasan anak didik akan memiliki kesulitan dalam memfasilitasi proses pengembangan potensi individu menjadi yang dicita-citakan.
Setiap siswa memang memiliki potensi yang berbeda – beda dan memilki pilihan untuk mengembangkan potensi yang dimilikinya, namun ada beberapa pengetahuan dan kerterampilan dasar yang perlu dimiliki oleh siswa setelah menyelesaikan pendidikan di sekolah yaitu kemampuan atau kompetensi dalam bidang :
Bahasa (linguistic)
Matematika (math)
Ilmu Pengetahuan Sosial (social sciences)
Ilmu Pegetahuan Alam (Natural Sciences)
Keempat bidang ini dapat dipandang sebagai kompetensi dasar yang harus dimiliki oleh individu siswa setelah lulus dari sekolah.
Macam-macam kecerdasan
1. Kecerdasan musical : kemampuan untuk mengapresiasi musik, meliputi menyanyi, bersiul, bermain alat musik, mengenal pola nada, membuat komposisi musik, mengingat melodi, memahami irama musik.
2. Kecerdasan Kinesthetic : berkaitan dengan pengendalian gerakan badan,
3. Kecerdasan logical/mathematical : ditandai dengan kemampuan seseorang untuk berinteraksi dengan angka-angka dan bilangan, berpikir logis dan ilmiah,
4. Kecerdasan visual/spatial : kemampuan seseorang untuk melihat secara rinci gambraan visual yang disekitarnya.
5. Kecerdasan verbal/linguistik  : kemampuan menyusun pikirannya dengan jelas dan mampu mengungkapkannya dengan kata kata
6. Kecerdasan interpersonal : kemampuan seseorang untuk berinteraksi dengan orang lain.
7. Kecerdasan intrapersonal : Kecerdasan intrapersonal diperlihatkan dalam bentuk kemampuan dalam membangun persepsi yang akurat tentang diri sendiri dan menggunakan kemampuan tersebut dalam membuat rencana dan mengarahkan orang lain.
8. Kecerdasan naturalistik : Keahlian mengenali dan mengkategorikan spesies-flora dan fauna di lingkungannya.
            Seorang calon guru dan orang tua seperti saya wajib memahami macam-macam kecerdasan untuk mengembangkan potensi anak maupun peserta didik. Selain itu kita dapat dengan mudah memahami setiap karakter siswa di kelas




0 komentar:

Posting Komentar