Minggu, 02 April 2017

Refleksi diri ke-9 materi sosio-kultural

           


 Pada pertemuan hari itu dimana membahas mengenai teori belajar revolusi sosio kultural dan penerapannya dalam  pembelajaran, saya mendapatkan beberapa ilmu penting untuk bekal masa depan ketika menjadi seorang pendidik. Mendidik juga berarti membantu anak untuk menjadi dirinya dan peka terhadap lingkungannya. Harus berusaha diciptakan lingkungan belajar yang demokratis, sehingga setiap anak satu persatu perlu diberi kebebasan untuk melakukan pilihan-pilihan sesuai dengan apa yang mampu dan mau dia lakukan
            Teori mengenai belajar revolusi sosio telah didasari oleh dua tokoh yaitu Piaget dan Vygotsky. Piaget berpendapat bahwa belajar ditentukan karena adanya karsa individu artinya  pengetahuan berasal dari individu. Siswa berinteraksi dengan lingkungan sosial yaitu teman sebayanya dibanding orang-orang yang lebih dewasa. Sedangkan menurut vigotsky Vygotsky
Peningkatan fungsi-fungsi mental bukan berasal dari individu itu sendiri melainkan berasal dari kehidupan sosial atau kelompoknya.
            Dari pertemuan tersebut saya awalnya berpikir mengenai home schooling termasuk pendidikan formal atau bukan, ternyata pendidikan formal. Hal tersebut karena pada home schooling telah berjalan sesuai atau terikat dengan kurikulum bedanya pertemuannya antara pendidik atau peserta ddik dapat meminta upah sama sekali.


0 komentar:

Posting Komentar