Rabu, 19 April 2017

Refleksi Problem-Base Learning dan Problem Solving


Setelah mengikuti mata kuliah belajar dan pembelajaran yang membahas materi Problem-Base Learning dan Problem Solving, saya memperoleh pembekalan lagi untuk menjadi guru yang pandai dalam mengolah kelas dan sukses dalam menyampaikan ilmu ke peserta didik.
Dalam Based learning medorong siswa untuk mengenal cara belajar dan bekerjasama dalam kelompok untuk mencari penyelesaian. Sedangkan Problem solving adalah suatu proses mental dan intelektual dalam menemukan masalah dan memecahkan berdasarkan data dan informasi yang akurat, sehingga dapat diambil kesimpulan yang tepat dan cermat.
Perbedaan antara keduanya terletak pada masalah yang dipecahkan atau diselesaikan. Pada problem solving masalah yang diberikan biasanya bukan masalah yang nyata seperti masalah pada problem based learning. Dan cara penyelesaiannyapun juga terdapat perbedaan. Pada problem solving, masalah dapat diselesaikan hanya dengan diskusi saja akan tetapi pada PBL dibutuhkan penelitian mengenai masalah tersebut, sehingga penyelesaian yang diberikanbenar-benar telah banyak melalui proses yang panjang.

Dengan belajar ini, saya berharap dapat mahir membuat penyampaian ilmu diserap oleh peserta didik, dan menciptakan cara berpikir peserta didik yang baik dan kritis . 

0 komentar:

Posting Komentar