Rabu, 19 April 2017

REFLEKSI SIKLUS BELAJAR


Setelah mengikuti mata kuliah belajar dan pembelajaran yang membahas materi Siklus Belajar saya memperoleh pembekalan lagi untuk menjadi guru yang pandai dalam mengolah kelas dan sukses dalam menyampaikan ilmu ke peserta didik. Menurut saya menjamin peserta didik dalam mencapai standart kompetensi itu hal yang sulit, karena kita tidak tahu apa yang akan terjadi di masa yang akan mendatang. Dengan mempelajari siklus belajar saya menjadi yakin karena terdalamnya terdapat fase-fase siklus belajar.
Fase-fase tersebut adalah fase pertama yaitu exploration dimana siswa diberi kesempatan untuk menguji hipotesisnya di dalam kelompok. Fase kedua yaitu explanation, siswa dianjurkan untuk menjelaskan kembali materi dengan kalimatnya sendiri. Fase ketiga expansion, yaitu Siswa melakukan pemantapan dengan mengkonsolidasikan konsep baru dengan konsep lama. Fase terakhir adalah evaluasi, yaitu siswa diuji pengetahuannya dan mengaplikasikan konsep baru yang didapatkan.
saya sangat berharap dengan mempelajari ini, kelak akan bermanfaat dan tersampaikan ilmu yang peroleh selama masa pendidikan ini ke siswa. Aamiiin J


0 komentar:

Posting Komentar