Rabu, 19 April 2017

REFLEKSI INQUIRY DALAM PEMBELAJARAN SAINS


Setelah mengikuti mata kuliah belajar dan pembelajaran yang membahas materi pembelajaran inquiry pada sains saya memperoleh pembekalan lagi untuk menjadi guru yang pandai dalam mengolah kelas dan sukses dalam menyampaikan ilmu ke peserta didik.
Model pembelajaran inquiry adalah model  pembelajaran yang mendorong siswa pada untuk melakukan eksperimen sendiri sehingga dapat berpikir secara kritis untuk mencari dan menemukan jawaban dari suatu masalah yang dipertanyakan. Sasaran utama kegiatan pembelajaran inkuiri adalah keterlibatan siswa secara maksimal dalam proses kegiatan belajar, keterarahan kegiatan secara maksimal dalam proses kegiatan belajar, mengembangkan sikap percaya pada diri siswa tentang apa yang ditemukan dalam proses inkuiri. Namun dalam penerapannya, pembelajaran inkuiri ini memiliki kelemahan seperti adanya kesulitan dalam mengontrol siswa, ketidaksesuaian kebiasaan siswa dalam belajar, kadang memerlukan waktu yang panjang dalam pengimplementasiannya, dan sulitnya dalam implementasi yang dilakukan oleh guru bila keberhasilan belajar bergantung pada siswa.
Teori-teori yang melandasi model pembelajaran inquiri yaitu teori belajar kontruktivisme, teori belajar Ausubel, teori belajar penemuan oleh Gagne. Langkah-langkah pembelajaran inkuiri adalah sebagai berikut orientasi, merumuskan masalah, merumuskan hipotesis,mengumpulkan data, menguji hipotesis, merumuskan kesimpulan.


0 komentar:

Posting Komentar