Rabu, 19 April 2017

REFLEKSI PEMBELAJARAN KOOPERATIF


Setelah mengikuti mata kuliah belajar dan pembelajaran yang membahas materi PEMBELAJARAN KOOPERATIF saya memperoleh pembekalan lagi untuk menjadi guru yang pandai dalam mengolah kelas dan sukses dalam menyampaikan ilmu ke peserta didik.
Didalam pembelajaran kooperatif menciptakan jiwa social kepada peserta didik. Hal tersebut karena pada pembelajaran kooperatif model pembelajarannya dibentuk dalam kelompok kecil. Sesuai pengalaman saya belajar kelompok itu menciptakan rasa tanggung jawab yang besar dan meteri cepat terserap, mungkin karena factor bahasa yang sesame umur.
Didalam pembelajaran kooperatif terdapat banyak macam model. model jigsaw, model think pair and share, model decision making, model group investigation, model dabate, model mind mapping, model examples non examples, model mencari pasangan (make-a match), model artikusasi, model pembelajaran berdasarkan masalah, model picture and picture, model bertukar pasangan, model consept sentense, model cooperatif script, dan masih banyak lagi. Jenis-jenis pembelajaran kooperatif ini sangat menyenangkan istilahnya santai tapi serius. Dengan keadaan belajar yang menyenangkan peserta didik dapat memahami dan menyerap ilmu atau materi yang didapatkan.



0 komentar:

Posting Komentar